Bekerja dengan sukses
sebagai tim adalah tidak semudah kelihatannya. kerjasama yang efektif tentu
saja tidak hanya terjadi secara otomatis, tetapi membutuhkan banyak kerja keras
dan kompromi. Ada beberapa faktor yang harus di tempat untuk melekat bersama
sebagai sebuah tim dan bekerja secara lancar.
Faktor Pertama, kepemimpinan
yang baik. Kepemimpinan yang efektif merupakan salah satu komponen
terpenting dari kerja tim yang baik. Pemimpin tim harus memiliki keterampilan
untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang positif dan memotivasi
dan menginspirasi para anggota tim untuk mengambil pendekatan yang positif
untuk bekerja dan berkomitmen tinggi. Seorang pemimpin tim yang efektif akan
meningkatkan tingkat tinggi moral dan membuat mereka merasa didukung dan
dihargai.
Kedua, komunikasi yang
jelas. Komunikasi merupakan faktor penting dari semua interaksi interpersonal
dan terutama yang dari suatu tim. Anggota tim harus mampu mengartikulasikan
perasaan mereka, mengungkapkan rencana dan tujuan, berbagi ide dan melihat
sudut pandang masing-masing.
Kertiga, menetapkan
peran. Hal ini mutlak diperlukan bagi anggota tim untuk memahami apa peran
mereka dalam tim ini, apa yang dia bertanggung jawab atas. Pemimpin tim dapat
mengaktifkannya dengan menetapkan tujuan secara jelas di awal pembentukan tim.
Keempat resolusi konflik.
Konflik akan timbul tidak peduli seberapa baik fungsi tim bersama-sama. Cara
terbaik untuk konflik counter adalah memiliki metode terstruktur resolusi
konflik. Anggota tim harus mampu menyuarakan keprihatinan mereka tanpa takut
menyinggung perasaan orang lain. Alih-alih menghindari isu-isu konflik,
tangan-pendekatan yang menyelesaikan dengan cepat jauh lebih baik. Hal ini
sering disarankan bahwa pemimpin tim duduk dengan pihak-pihak yang saling
bertentangan dan membantu bekerja di luar perbedaan mereka tanpa memihak dan
berusaha untuk tetap obyektif jika memungkinkan.
Kelima, mengatur contoh
yang baik. Pemimpin tim harus menetapkan contoh yang baik bagi kerjasama yang
baik untuk datang tentang. Dalam rangka menjaga anggota tim yang positif dan
berkomitmen dan termotivasi, pemimpin tim sendiri / dirinya sendiri perlu untuk
menunjukkan kualitas ini. Tim terlihat pemimpin untuk dukungan dan bimbingan
sehingga setiap negatif pada bagian pemimpin bisa menjadi bencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar